Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Setelah mengulas produk entry level terbaru dari Xiaomi yaitu Redmi 3, berikutnya kami bekesempatan mereview produk Redmi Note 3 Pro. Produk ini terbilang sebagai smartphone di kelas menengah, dimana spesifikasi yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. Berbeda dengan versi standarnya yang menggunakan SoC MediaTek  Helio X10, Redmi Note 3 Pro membawa SoC seri terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 650. Tentunya membuat kita cukup penasaran, seperti apa performa dari SoC tersebut, mengingat ini menjadi handset pertama dengan SoC Snapdragon 650 yang kami uji.
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (1)
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (1)

Disamping itu, Redmi Note 3 Pro juga memiliki resolusi kamera yang lebih besar yaitu 16 MP di bagian belakang. Tapi apakah perubahan tersebut juga membawa peningkatan yang signifikan? Untuk lebih jelasnya, kita simak ulasannya berikut ini.

Desain

Xiaomi tampaknya sengaja mentransformasikan semua desain dari seri Redmi-nya menjadi desain unibody dengan material metal. Setelah mengulas Redmi 3 yang tampil lebih elegan dengan balutan metal, kini hal yang sama kita temui pada Redmi Note 3 ataupun Redmi Note 3 Pro.
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (2)
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (2)
 Redmi Note 3 Pro juga dibalut dengan material metal unibody, dengan ukuran dimensi 150 x 76 mm, dengan ketebalan 8.7 mm. Berbeda dengan Redmi 3, Redmi Note 3 Pro hanya memiliki tampilan aluminium body yang polos secara keselurahan  tanpa ada pola garis kotak-kotak di bagian belakangnya. Ini membuat Redmi Note 3 Pro secara tampilan tampak tidak impresif, kurang memiliki keunikan dibandingkan dengan smartphone berdesain metal unibody yang lain. Berbeda dengan Redmi 3 yang cukup mencolok dengan pola kotak-kotak-nya. Untuk unit yang kami uji adalah varian berwarna gold.

Secara ergonomis, Redmi Note 3 Pro tetap nyaman dalam genggaman. Dengan ukuran layarnya yang lebar yaitu 5,5 inci, Redmi Note 3 Pro memiliki screen-to-body ratio sebesar 72% dan bobot 164g. Tidak begitu besar dan berat, hanya saja agak sedikit licin dalam genggaman. Akan lebih baik jika pengguna menggunakan aksesoris cover tambahan.
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (4)
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (5)
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (5)
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (4)
Berada tepat di bawah kamera utama 16 MP yang dilengkapi dengan lampu flash dual-tone, terdapat sensor fingerprint scanner. Gril speaker membentang di bagian belakang berada di bawah logo Mi.


Tombol power dan volume terletak di sebelah kanan perangkat. Sementara untuk  slot SIMCard/Micro SD di letakan di sebelah kiri. Slot MicroUSB berada dibagian bawah, dan lubang jack berukuran 3,5 mm berada di bagian atas. Terdapat pula sensor remote Infra Red, yang berfungsi untuk kontrol  berbagai alat elektronik rumah seperti AC, TV dan lain-lain. Sayangnya Xiaomi tidak membekalinya dengan aplikasi peramban untuk fitur tersebut, sehingga pengguna perlu mengunduh aplikasi remote terlebih dahulu di Playstore.
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (3)

Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (6)
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (3)

Spesifikasi

Redmi Note 3 Pro dibekali dengan layar berukuran 5,5  inci dengan panel IPS beresolusi full HD 1080 x 1920p. Berbeda dari versi standar Redmi Note 3 yang menggunakan SoC MediaTek Helio X10, SoC yang digunakan disini adalah yang produk terbaru dari seri Snapdragon 600 Qualcomm, yaitu Snapdragon 650. SoC ini memiliki 6 inti prosesor, yaitu prosesor Quad-Core 1.4 Ghz Cortex A-53 dan Dual-Core 1,8 Ghz Cortex-A72 serta GPU Adreno 510. Tentu saja jika dibandingkan dengan kebanyakan smartphone kelas menengah yang masih menggunakan SoC Snapdragon 615, Snapdragon 650 punya performa yang jauh lebih berkelas. Bahkan kemampuannya telah bersaing dengan SoC premium lawas. Seperti apakah kemampuannya? Akan kita bahas di uji performance.
CPU-Z-redmi-note-3
Memorinya dibekali dengan RAM berkapasitas 3 GB dan ROM dengan kapasitas 32 GB. Ekspansi memori tambahan tersedia melalui slot MicroSD yang tersedia secara hybrid dengan dual slot SIM-Card.
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (9)
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (8)

Urusan kamera, Redmi Note 3 Pro memiliki resolusi yang lebih besar jika dibandingkan dengan Redmi 3 atau Redmi Note 3 standard, yaitu dengan 16 MP di bagian belakang lengkap dengan dual-tone LED Flash dan Phase Detection Auto Focus, serta kamera depan berukuran 5 MP.
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (10)

Redmi Note 3 Pro menggunakan baterai non-removable berkapasitas 4000mAh . Fitur unggulan lain yang terdapat pada Redmi Note 3 Pro adalah sensor fingerprint scanner yang terletak di bagian belakang, serta sensor remote Infra Red yang berada di bagian atas. Soal sensor tak perlu khawatir, karena Redmi Note 3 Pro sudah dilengkapi dengan berbagai sensor mulai dari Accelerometer, ambience light, GPS, hingga gyroscope.
Untuk paket penjualannya Redmi Note 3 Pro dibekali dengan aksesori charger, kabel USB dan buku panduan.

Uji Performance

Benchmark

Untuk menguji performa dari Redmi Note 3 Pro kami melakukan serangkaian performace test dengan beberapa aplikasi benchmark. Bechmark yang kami gunakan dalam pengujian ini antara lain AnTuTu, Geekbench, 3DMark, dan PCMark. Dan berikut adalah hasil benchmark yang kami lakukan menggunakan empat jenis aplikasi tersebut.

AnTuTu 6.0

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik.
redmi-note-3-AnTuTu
Redmi-Note-3-Pro---Antutu
Antutu menunjukkan bahwa performa Redmi Note 3 Pro mendekati jawara 2015, Samsung Galaxy Note 5.

Geekbench 3.3.2

GeekBench 3 merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan skenario simulasi real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core. Semakin tinggi nilainya, semakin baik.
redmi-note-3-Geekbench

Redmi-Note-3-Pro---GB-single
GeekBench Single core merupakan representasi kenyamanan penggunaan sehari-hari dalam load normal. Terlihat bahwa Snapdragon 650 pada Redmi Note 3 Pro ini tampil dengan performa amat tinggi.

Redmi-Note-3-Pro---GB-multi
GeekBench Multi Core adalah representasi performa maksimal yang bisa dicapai dalam kondisi multitasking super-berat. Sebuah kondisi yang amat jarang terjadi. Meski tertinggal karena menggunakan 6 core, akan tetapi skor yang diperoleh masih cukup tinggi.

3DMark Ice Storm Unlimited

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smarpthone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis.
redmi-note-3-3D-Mark

PCMark

Aplikasi benchmark ini mengukur performa dan umur baterai pada smartphone maupun tablet Android, lewat pengujian yang berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh user, bukan algoritma yang bersifat abstrak. Skor yang dihasilkan diklaim mampu mencerminkan performa sesungguhnya dari perangkat tersebut.
redmi-note-3-PC-Mark

Dari hasil tes benchmark yang diperlihatkan, memperlihatkan bahwa Redmi Note 3 Pro benar-benar memiliki performa yang memuaskan. Bahkan rata-rata hasil benchmarknya sudah mampu bersaing dengan smartphone kelas flagship termahal di tahun 2015, seperti diantaranya Galaxy S6, Note 5, LG G4, dan Sony Xperia Z5. Sehingga untuk kebutuhan sehari-hari seperti multimedia, browsing, hingga menjalankan game berat sekalipun juga sudah tak memiliki kendala berarti.

Kamera

Untuk kamera, Redmi Note 3 Pro sepertinya tidak menjadi sesuatu yang ‘wah’ untuk ditawarkan. Tidak buruk, bahkan masih tergolong berkualitas. Tapi kami membandingkan hasil gambar dari Redmi 3 yang memiliki sensor 13 MP, tampak tidak banyak perubahan yang signifikan. Dimana hasil gambar terlihat bagus di tempat terang, sementara di tempat gelap juga masih kurang optimal. Tapi tentu saja, kamera barunya merupakan peningkatan dibandingkan pendahulunya, setidaknya dari sisi resolusi yang meningkat ke 16 MP.
Kamera Belakang (Non HDR)
Kamera Belakang (HDR)
Kamera Depan
Begitu pula dengan kamera depan. Redmi Note bahkan bisa diperkirakan mungkin masih menggunakan sensor yang sama dengan yang digunakan pada Redmi 3. Gambar terlihat baik pada kondisi cahaya yang cukup, sementara untuk kondisi cahaya redup  terlihat noise. Tapi sejauh ini, di rentang harga yang ditawarkan oleh Redmi Note 3 Pro secara kualitas kamera tentunya masih sangat masuk akal.

Baterai

Dengan kapasitas baterai sebesar 4000mAh, Redmi Note 3 Pro memiliki manajamen daya yang cukup memuaskan. Pada pengujian menggunakan PCMark, Redmi Note 3 Pro mencapai skor 10 jam 39 menit. Dengan layar 5,5 inci, baterai berkapasitas 4000mAh tentunya masih sangat optimal.
redmi-note-3-PC-Mark
IMG-20160319-WA0013
Redmi-Note-3-Pro---PCMarkBatt
Untuk urusan baterai Redmi Note 3 Pro tampak tampil sangat baik. Berada di atas rata-rata performa smartphone pada umumnya. Selain itu, performa lebih baik dari ini tampaknya hanya bisa dicapai dengan SoC yang (jauh) lebih lemah.

Sementara untuk pengisian daya, kami menguji Redmi Note 3 untuk mengetahui berapa lama yang dihabiskan dalam pengisian hingga kapasitas baterai full. Dari hasil yang tercatat, Redmi Note 3 membutuhkan waktu sekitar 2 jam 24 menit. Tidak begitu lama, mengingat kapasitas baterai yang digunakan juga cukup besar yaitu 4000mAh. Terlebih Redmi Note 3 juga  tidak dilengkapi dengan aksesoris charger dengan teknologi fast charging.

Kesimpulan

Apa yang ditawarkan oleh Redmi Note 3 Pro bisa dibilang sudah sangat maksimal. Apalagi bagi anda yang mengincar performa CPU mumpuni, dengan SoC Snapdragon 650, Redmi Note 3 Pro sudah berada diatas standar rata-rata performa yang dibutuhkan. Bahkan jika dilihat dari skor benchmarknya, Redmi Note 3 Pro sudah mampu bersaing dengan beberapa smartphone-smartphone kelas premium.
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro (1)

Fitur kamera yang dimiliki juga berkualitas baik. Kelengkapan fitur seperti fingerprint scanner dan IR Sensor yang dibawa oleh Redmi Note 3 Pro juga tentunya jadi pertimbangan tambahan bagi anda yang ingin memiliki sebuah handset baru. Apalagi dengan desainnya yang jauh lebih menawan dari versi-versi sebelumnya, kini dengan desain metal unibody tampak lebih kokoh. Belum lagi kapasitas baterai yang besar dan manajemen daya yang cukup baik, juga salah satu prioritas konsumen smartphone saat ini. Secara keseluruhan, Redmi Note 3 Pro sudah sangat optimal jika dikatakan sebagai standar baru untuk smartphone kelas menengah saat ini.
Yang beredar saat ini dipasaran untuk Redmi Note 3 Pro (32 GB/3GB) dibanderol dengan harga sekitar Rp 3,2 juta. Sayangnya Xiaomi belum memasukan produk ini secara resmi ke tanah air. Yang tentunya menjadi semacam ‘gambling’ apabila anda membeli produk ini yang notabene hanya tersedia dengan garansi distribusi/toko. Ada baiknya anda membeli produk ini secara offline jika ingin mengurangi resiko. Tidak ada jaminan after sales resmi langsung dari Xiaomi. Tapi tentunya kita masih menantikan kiranya pihak Xiaomi segera memasukan line-up produk-produk terbaru mereka secepatnya.
Kelebihan:
+ Performa unggulan
+ Baterai besar
+ Fitur ekstra yang lengkap (fingerprint, IR Remote)
+ Kamera lebih baik dari pendahulunya
+ Harga terjangkau untuk kelas performanya yang terbilang tinggi
Kekurangan
– Banyak Bloatware
– Garansi Distributor (Belum ada garansi resmi Indonesia)

Key Spec:
ProdukRedmi Note 3 Pro
Layar5.5” Full HD (1920 x 1080) IPS, 403ppi, 16M colors
ProcessorQualcomm Snapdragon 650 64-bit Hexa-Core (Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 & Dual-core 1.8 GHz Cortex-A72)
GPUAdreno 510
Memory3 GB
Baterai4000 mAh
KonektivitasDual-SIM Micro LTE (4G), 3G, GSM, Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac, Wi-Fi hotspot, Bluetooth® 4.1 LE
KameraKamera belakang: 16 MP PDAF + Dual-tone LED flash
Kamera depan: 5 MP fixed-focus
Sistem OperasiAndroid 5.1 Lollipop
HargaRp.  3,2 Juta (Unnofficial)
Sumber : http://www.jagatreview.com/
redmi-note-3-Battery-Log
Xiaomi-Redmi-Note3-Pro-(20)
Sumber : http://www.jagatreview.com/2016/03/review-redmi-note-3-pro/